9/28/2015

Tips Memilih dan Kelebihan Menggunakan Stang Jepit



stang-jepit-satria-fu
RPMSUPER.COM – Stang adalah suatu bagian motor yang mempunyai fungsi sebagai pusat kemudi pada sepeda motor.Stang juga mempunyai beberapa jenis,yaitu dari stang model fatbar atau lebar hingga stang jepit yang sering diaplikasikan pada motor-motor fairing.
Stang jepit sendiri mempunyai kesan racing look jika diaplikasikan pada motor-motor naked. Nah kali ini RPM akan berbagi tips bagaimana cara memilih dan juga kelebihan serta kekurangannya.Mari kita bahas 😀 .Kali ini kita bahas cara memilih yang tepat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginakan 😀
  •  Diameter .Tips memilih pertama yaitu perhatikan diameter stang jepit jangan pilih yang terlalu besar dan juga jangan pilihyang terlalu kecil agar nyaman digunakan,sesuaikan juga dengan ciri motor dan sesuai ukuran genggaman tangan.
  • Panjang . Memilih panjang stang jepit yang sesuai kebutuhan agar tetap nyaman digunakan.
  • Bahan . Pilihlah bahan yang menggunakan kualitas tinggi,perhatikan juga finishingnya.Kalau kualitas rendah bisa berakibat fatal yaitu stang bisa patah.
  • Sesuaikan Postur . Saat mengaplikasikan stang jepit atur kondisi stang ini agar tetap nyaman digunakan .
  • Atur Jarak .Atur jarak bukaan stang,jangan terlalu lebar ataupun terlalu sempit agar tetap mudah melibas tikungan dan juga atur jarak dari stang ke tangki agar tidak merusak tangki dan stang itu sendiri.
stang jepiwt
atur jarak dan lebar agar tidak mentok tangki

  • Harga . Sesuaikan stang jepit dengan budget anda saja,karena bagus belum tentu mahal kan 😀 Nah saat menggunakan stang jepit harus menurunkan shock breaker depan beberapa sentimeter,saat sudah diturunkan lebih baik diberi ganjal agar shock tidak mentok kalau menambah oli rawan bocor.Atur juga jarak bebas dari spakbor dan plat nomor, tidak berlaku jika plat nomer dibatok lampu
Untuk menyelaraskan tampilan dan kenyamanan anda juga dapat menambahkan footstep racing atau underbone karena letak kaki akan lebih mundur dan membuat lebih nyaman pengendara.Jika ragu menggunakan part aftermarket dapat menggunakan spare part dari motor lain seperti Satria Fu,CBR,R15,Ninja dll.


Agar tidak merusak tampilan dari atas pilihlah stang jepit yang ada penutup segitiga ataupun juga dapat dibeli secara terpisah harganya juga cukup terjangkau,perhatikan juga kekencangan baut agar tidak geser saat digunakan namun juga janga terlalu kencang yang akan membuat baut dol .
Setelah riset yang RPM lakukan (hayyah :mrgreenn: ) menggunakan stang jepit mempunyai beberapa kelebihan antara lain :
    • Racy Look .Alasan pertama kenapa banyak bikers yang mengganti stang standarnya menjadi stang jepit yaitu agar terlihat seperti gaya balap 😀 .
    • Hambatan Udara Berkurang .Saat menggunakan stang standar yang tegak hembusan angin ketubuh akan terasa,namun jika sudah menggunakan stang jepit akan berkurang karena posisi tubuh menjadi menunduk .
    •  Mudah Melibas Tikungan . Menggunakan stang jepit juga akan membuat anda lebih percaya diri saat melibas tikungan karena pembalap motoGP juga menggunakan stang jepit :mrgreen: .
    •  Keren . Keren juga salah satu alasan utama pemilihan stang jepit karena lebih ringkas dan bergaya ala motor balap.
Namun, pengaplikasikan stang jepit juga memiliki beberapa kekurangan antara lain :
    • Shock Depan Boros .Shock breaker depan menjadi kurang awet karena sudah diturunkan beberapa sentimeter dari sebelumnya apalagi untuk menahan bobot yang berat ditambah sering melewati jalan rusak.
    • Pegal .Karena posisi badan menjadi lebih condong kedepan atau menunduk pengaplikasikan stang ini dapat membuat lengan,pergelangan tangan,bahu dan juga punggung menjadi pegal apalagi digunakan untuk jarak jauh dan berboncengan.
    • Capek .Karena efek dari pegal yang disebutkan diatas badan akan lebih cepat capek.
    • Getaran .Menggunakan stang jepit juga dapat membuat getaran.Disarankan untuk mennganti jalu stang yang lebih baik dalam menahan getaran.
    • sumber :  http://rpmsuper.com/2014/05/13/tips-memilih-dan-kelebihan-menggunakan-stang-jepit/

No comments:

Post a Comment