10/01/2015

Cara Pasang Top Noken As -

Cara Pasang Top Noken As  - Noken As, alias Camshaft, alias kem, alias Poros Bumbungan. Istilah Otomotif ini rasanya sudah tak asing lagi di telinga Otomotif, apalagi untuk kalangan rider roda dua yang doyan modifikasi mesin tungganganya. Piranti vital dalam mekanisme kerja mesin empat Takt ini bahkan sering diklaim sebagai kunci Utama Penentu Performa Mesin 4Takt, Keren kan yang namanya Noken As.

====Jangan Lupa Subscribe Juga Video Youtube nya di sini====Banyak Video tentang cara modif satria FU dan juga review tentang kekuatan satria FU loh... cepetan...jangan sampai ketinggalan

Pengertian dan dasar Noken As
Untuk Sebagian kalangan rider yang masih baru mengenal permotoran pasti bertanya, Sebenernya apa sih Noken As itu ?

Emm, Disinilah masalahnya, Terus terang saja Walau sudah banyak ulasan dan penjelasan dimana-mana seputar noken As (entah itu di tabloid, internet, ataupun obrolan teman) tetap saja bukan perkara gampang memahami part yang satu ini. Setidaknya itu yang saya rasakan, entah karna memang saya yang orang awam atau mungkin emang kurang gaul, yang jelas terasa susah sekali otak ini mencerna penjelasan tentang noken as dibanding part motor yang lainnya. Desain dan mekanismenya kompleks, aplikasi dan implikasinya juga ruwet bin njlimet dan mumet karena terkait erat dengan mekanisme yang lain. Ilmu noken as ini sangat technikal sehingga bikin malas mempelajarinya, akhirnya nyerah dan cukup puas dengan mengetahui basic kerjanya saja, selebihnya biar mekanik beneran aja yang ngurusin soal noken As ini.

Untuk basicnya, penjelasan sederhana dari dua sumber terpercaya berikut ini rasanya cukup sederhana sebagai penambah pengetahuan :

Pengertian Noken As menurut Wikipedia :
Poros bumbungan (bahas inggris : camshaft) adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin torak untuk menjalankan valve poppet. Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katup (klep) dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainya, ketika mereka berputar.

Pengertian noken As menurut buku modern Engine Tuning by A.Graham Bell :
A. Camsaft is a simple device designed to open and close the inlet and exhaust valves in harmony with movement of the piston within the cylinder.

Artinya :
Noken as adalah alat sederhana yang didesain untuk membuka dan menutup klep masuk dan klep Buang supaya selaras dengan gerakan Piston didalam silinder.

Begitulah sobat Blog Otomotif, Peran noken as menjadi sangat penting karena merupakan otak utama yang mengatur Buka Tutup Klep yang notebene adalah gerbang masuk dan keluar pasokan bahan baku tenaga motor, Dari sinilah lalu "Banyak" lagi istilah-istilah noken as seputar noken as seperti durasi, Lift, Lobe Center, LSA, Overlap, Kompresi Dinamis, Profil Kem, Clearance, Ramp, Base Circle, Flank, Nose, Dll yang pastinya bakal bikin kepala jadi mumet untuk memahami semuanya :) Sobat dapat googling dan mencari referensi sendiri yang banyak tersedia diluar sana bila ingin mempelajari lebih dalam soal ilmu noken As ini.

KEM IN IN (DOUBLE IN) THE LUXURY OF DOHC EGINE.
Ngomongin Soal noken As atau kem, baru saja kemarin saya mendapati obrolan hangat di forum diskusi para FU-ers yang membahas aplikasi KEM IN - IN atau double IN itu? Simpel saja, pada mesin DOHC (Double Over Head Camshaft) seperti satria FU terdapat dua batang noken as, yaitu 1 batang KEM IN dan 1 Batang KEM EX, Noken As yang satu disebut KEM IN karena hanya berfungsi mengatur buka tutup klep masuk Noken As yang satunya lagi disebut KEM EX atau kem OUT karena hanya berfungsi mengatur buka tutup klep buang.

Nah, pada beberapa waktu belakangan ini muncul trend baru pada modifikasi mesin satria FU yang menerapkan aplikasi cukup nyleneh, yaitu dengan mengganti pasanga deafult KEM IN | KEM EX menjadi KEM IN | KEM IN. Artinya batang kem EX dilengserkan dan digantikan tempatnya oleh batangan KEM IN juga. Sehingga disebut KEM Double In Cara ini sekarang mulai populer diaplikasikan oleh para FUers untuk mendapatkan performa yang lebih beringas dari standarnya. Secara ekonomis, Trik kem Double in standar juga lebih murah dibandingkan dengan harga KEM Racing Aftermarket ataupun biaya jasa memprofil ulang KEM IN EX standar.

Cara pasang Top noken As / rantai keteng satria Fu standar :
Pemasangan noken as yang benar akan membuat motor stabil dan tidak pincang untuk pemasangan bisa dibilang cukup susah jika waktu bongkar tidak memperhatikan titik TOP-nya,

Bagi yang pertama kali bongkar chainshaft atau istilahnya rantai keteng satria fu 150 pastinya bingung arah 12 dan 3 di sproket camshaft kemana untuk posisi TMA. Salah sedikit bisa berakibat fatal akibatnya ( Payung klep bisa bengkok )

Bagaimana cara pemasangannya?
Solusinya , Ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Janagn lupa tiap dudukan noken As sebelum dipasang dikasih dulu pelumas untuk menghindari keausan pada gesekan putaran mesin pada saat pertama dihidupakan.
Cara pasang Top noken as / rantai keteng satria fu
2. Pastikan Magnet Pada posisi top " T " ( lihat lubang bak magnet, garis " T " ada di tengah, putaran pully Bila tanda T belum pas di tengah Usahakan dan diharuskan Berada tepat Pada posisi TOP) seperti pada gambar berikut ini :

3. Kemudian arahkan tanda panah no 1 pada gear keteng (kem out ) sejajar dengan bibir tutup klep di ikuti pemasangan tanda panah no 2 di gear yang sama ke arah tegak ke atas/vertikal. seperti pada gambar berikut ini.
4. Setelah tanda panah no. 1 dan no. 2 posisinya tepat, lalu arahkan tanda panah no.3 di gear keteng (kem IN) tegak ke atas. Untuk memastikan gear cam OUT dan IN sudah sesuai setingan, pastikan tanda panah no.1 dan no.3 memiliki jarak 16 mata rantai keteng/ chamshaft.

Sekian terimakasih moga bermanfaat.
sumber :http://www.otomania.ml/2015/06/cara-pasang-top-noken-as-rantai-keteng.html

1 comment:

  1. Tolong sebutkan dari angka berp sampe brp . Nomer sim sattis fu. Dan penggsntianya bisanya angksnya mskin besar spa makin kecil. Trimsksh

    ReplyDelete