9/26/2015

Memasang Kampas Kopling Satria FU

kampas kopling
Satria R (kiri) dan Smash (kanan)
Sudah tahu kan khasiat kampas kopling Satria R jika dipasang di Suzuki Smash? Pastinya respon motor lebih dapat dan lebih irit bahan bakar. Coba lihat gambar di atas, kampas kopling Satria R lebih rapat sehingga bagus dipasang di Suzuki Smash.
kampas kopling Satria R
4 lembar untuk Smash
Jenis kampas kopling Satria 2 tak yang dipakai jangan sampai salah. Kampas kopling yang diadopsi ialah milik Satria R alias Satria 2 tak versi 6 speed kopling manual. Kode part nya yang saya beli ialah 21411-21D11-000 dan harganya saat  pembelian tanggal 29 Agustus 2013 adalah 52.100 x 4 lembar = 208.000 rupiah.
kode part kampas kopling Satria R
Cara memasang kampas kopling Satria R pun mudah karena tinggal pasang (plug n play) di Suzuki Smash ini. Tinggal membutuhkan kesabaran dan alat untuk membongkar bak kopling beserta perlengkapannya. Berikut langkah memasang kampas kopling Satria R di Suzuki Smash.

1. Lepas body, knalpot, dan bak kopling nya.
Untuk langkah ini membutuhkan kunci 10, 12, T8, dan obeng. Pasti bisa dong melepas part ini. Tapi ingat, kuras dulu oli mesin nya.
2. Lepas mangkuk ganda dan rumah kopling multiplat nya.
Alat yang dibutuhkan kunci sok 19, sok 17, dan treker kopling. Buka tutup baut magnet dan tahan menggunakan kunci 17, sembari ditahan buka rumah kopling ganda dengan kunci 19. Lalu gunakan treker kopling dan kunci 19 untuk membuka rumah kopling. Lepas kedua part bersamaan agar lebih mudah.
3. Lepas per kopling dan ganti kampas nya.
Dengan kunci 10, buka per kopling nya dan lepas plat kopling beserta kampas nya. Lalu ganti dengan kampas kopling Satria R dan memasangnya secara berurutan antara kampas dan plat gesek. Arah plat gesek sisi tajam ke arah luar.
4. Pasang part nya dan setel kopling nya.
Kembalikan part yang dilepas dengan pengencangan mur yang benar. Pengencangan mur yang salah menyebabkan lepas nya komponen dan menjadi salah satu penyebab rusak nya komponen. Setelah bak kopling sudah terpasang, setel penyetel kopling nya. Caranya menggunakan kunci 8 diputar berlawanan jarum jam hingga ada tahanan. Kembalikan searah jarum jam ¼ - ½ putaran.

No comments:

Post a Comment