9/26/2015

CARA MENGATASI SUARA-SUARA BERISIK KEPALA SILINDER SATRIA FU 150 SC


       Setiap motor pasti mempunyai kelemahan dan kelebihannya masing-masing,kita tahu kalo satria fu berkonsep motor bebek sport 4 stroke.Tak mungkinlah kalo kita membicarakan kelebihannya,seringkali kita membicarakan kekurangan yang terdapat pada motor itu.Nah loe,,,kalo ngomongin soal kekurangan dari motor ini,pasti banyaklah kekurangannya.Pada kesempatan kali ini aku ingin sedikit mengulas tentang kelemahan satria fu dan bagaimana cara mengatasinya.
       kalo ngomongin soal body dan kaki-kaki pada motor ini,itu memang sudah konsep dari suzuki membuat style motor seperti ini.Jadi sekarang aku ingin membahas tentang technology yang satria fu usung.
       Satria fu mengusung mesin 150 cc 4 langkah 4 katup DOHC(double overhead cam),transmisi 6 speed serta dilengkapi system pendingin SACS(suzuki advance cooling system) system pendingin ini memanfaatkan sirkulasi oli sebagai system pendingin pada bagian mesin yang cepet panas(kepala silinder dan buring).setelah saya analisa,dan saya bedah mesin motor ini,serta mendengar keluhan-keluhan yang dirasakan oleh penguna motor ini,kemudian saya menyimpulkan bagian2 yang sering rusak dan harus dibenahi pada motor ini.
       Seringkali para pemakai motor ini mengeluh tentang suara-suar berisik pada bagian kepala silinder,hal itu dikarenakan rantai mesin yang sudah kendor dan harus segera diganti.Adapula suara-suara berisik itu bukan berasal dari rantai mesin,melainkan dari setelan klep(shim klep) yang mulai aus atau merengang.kita tahu bahwa setelan klep yang dianjurkan pada motor ini(stelan klep bawaan pabrik)untuk klep in/klep masuk antara 0,10-0,20mm dan untuk klep ex/klep buang 0,20-0,30mm,jika setelan klep sudah melebihi ukuran yang dianjurkan diatas,biasanya klep akan menimbulkan bunyi berisik(tik tik tik)dan jika itu terjadi,anda harus segera menyetel ulang celah klep,dikarenakan jika sampai berlarut-larut setelan klep tidak anda benahi, resikonya bisa fatal,bisa saja nanti batang klep ikut aus pula,dan jika itu terjadi berarti anda harus mengikis/mengerinda batang klep tersebut agar rata kembali,tidak cuma itu andapula masih harus menyesuaikan shim klep yang pas dikarenakan klep sudah dipapas/digerinda.
      Saya rasa penjelasan tentang rantai mesin dan penyetelan klep diatas anda semua sudah tau.Sebenarnya bagian yang harus benar-benar diperhatikan yaitu bagian noken as beserta tutup noken,dikarenakan pada bagian itu(noken as)belum mengunakan bantalan noken berupa bearings,(tak seperti pada umumnya),motor satria fu yang kalian punya masih seperti motor GL/CB 100,cuma bedanya kalo motor CB/GL,sudah mengunakan bearings disalahsatu bantalan noken tersebut,sedangkan satria fu hanya mengandalkan speare/celah antara tutup noken dan kepala silinder,tak menutup kemungkinan spear/celah tersebut akan membesar(sudah tak span/kenceng) dikarenakan gesekan yang terus menerus terjadi saat mesin bekerja/dihidupkan.mungkin akan sedikit sulit untuk mengatasi/membenahi bila celah itu membesar.Tapi kalian semua gak usah khawatir,para insinyur sudah mengatasi hal itu hehehe.
     Kenalin dulu guys!my name is coolizt zuma-zuma.Aku ingin sedikit berbagi pengalaman dan ilmu,kepada para pecinta&pengila motor satria fu.Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi pengalaman dan ilmu tentang cara terbaik untuk mengatasi noken as satria fu yang sudah goblak.Sayangkan kalo kalian buang-buang banyak uang untuk membeli kepala silinder yang baru,padahal anda masih bisa membenahi kerusakan itu,daripada buat beli kepala silinder mendingan buat jajan kalo gak buat nyenengin pacar kan hehehe.Okeylah kalo begitu ini tips dariku.
       Langkah pertama,bongkar mesin motor kalian,lepaskan kepala silinder dari bagian mesin yang lain,jika semua itu sudah anda lakuakan,anda harus mencari part untuk membenahi noken as kalian yang goblak itu,part yang harus anda cari,4 buah bearing punya motor mio(bilang aja laces buat poly assy primere cvt mio)kalo gak anda juga bisa memakai bearing motor scorpio,yang terletak pada swing arm/capit urang secorpio,anda membutuhkan 4 buah bearing.
     Langkah kedua,bawa kepala silinder beserta isinya dan bawa pula barang yang tadi sudah anda beli(bearing)bilang aja ama tukang bubut,tolong pasangin bearing ini kedalam noken as,(upz bawa kebengkel bubut yang handal ya pasti mereka uda tau apa yang anda inginkan) .kalo semua itu sudah anda lakukan dan kepala silinder beserta noken as  yang tadi sudah anda pasangi bearings sudah jadi ,anda tinggal merakitnya lagi hehehe pasti top cer,,,,,,,D
      Sekarang motor anda sudah halus kembali gak ada suara berisik lagi,uda seperti baru lagi asssskkkk.
jangan lupa anda harus benar-benar nenperhatikan penggunaan oli pada motor anda,dikarenakan olipun sangat berperan penting untuk keawetan motor anda.kiranya cukup sekian dulu dari saya,bila ada salah-salah kata maaf ya maklum aku wong deso hehehe selamat mencoba dan semoga berhasil see you next time bye-bye.
SUMBER :http://manual-techno.blogspot.co.id/2014/02/cara-mengatasi-suara-suara-berisik.html 

modifikasi satria fu 150

No comments:

Post a Comment