9/26/2015

Cara Mematikan Fitur AHO Suzuki Satria F150

Hai.. Hai.. Hai..

Selamat darang di blog sederhana ini :D
Langsung aja bro, cekidott :)

AHO adalah kependekan dari Automatic Headlight On. Yang jika diterjemahkan bebas adalah secara Otomatis Lampu depan Menyala atau Lampu depan Menyala Otomatis. Adalah sebuah fitur yang di benamkan pada kebanyakan (atau mungkin semua ya…) produk motor baru di tanah air. Dan salah satunya di aplikasikan di Suzuki Satria F150 keluaran terbaru. Dan bagi sebagian orang fitur AHO, merupakan fitur yang kurang cocok diterapkan di motor para rider di tanah air.

Mungkin buat yg berduit bisa aja bawa ke bengkel resmi atau umum, trus pasang holder/ rumah sakelar FU non AHO yg ada sakelar lampunya yg berharga ratusan ribu itu, pulang2 udah beres, bisa matiin lampu. Ataupun buat yg nggak mau repot, bawa ke bengkel umum trus dipasangi saklar biasa, yg penting bisa matiin lampu.
Tapi saya nggak mau. Selama bisa diakali dan bisa kerjakan sendiri, ya kerjakan sendiri sajalah.
Kalo buat yg beli holder di beres (bengkel resmi) sama sekalian minta dipasangin, misal sama sekalian waktu servis rutin mungkin cuma tambah ongkos 5000 rupiah, ato kalo cuma khusus minta dipasangin holder bayar 10.000, sedangkan harga holder bisa tembus dua ratusan ribu.. :o


Nah begini cara mematikan fitur AHO Suzuki Satria F150 :)
Cekidooot bro
Yah, oke..
Pertama2, siapkan Alat dan Bahannya dulu..
1. Obeng
2. Kunci ring baut 8
3. Kabel
4. Sakelar
5. Isolasi bakar(selongsong kabel) kalo nggak isolasi kabel
6. Niat & keberanian
Jadi kemarin itu pertama-tama prosesnya nyopot batok lampu dulu, caranya copot 2 baut di kiri sama kanan batok pake obeng, trus juga ada 1 lagi di bawah lampu pake kunci ring 8 gepeng.
Habis itu, setelah kebuka kaya gini :arrow: 8-O
Akhirnya setelah berpusing2, ketemu juga jalurnya di soket warna kuning. Soket warna kuning tu soket dari kabel bodi masuk ke holder sebelah kiri.
Penampakannya.. :arrow:
Diurut2, ketemu juga kabel arus/setrum dari sepul. Warna kabelnya kuning-putih/ kuning bergaris putih.
Skema lengkapnya gini.. :arrow:
Habis itu, tinggal dilepas/dicabut kabelnya dari rumah soket. Caranya ditusuk pas bagian klipnya sampe bunyi klik, trus ditarik. Kalo nggak mau susah ya tinggal dipotong aja kabelnya pas di tempat yg agak luas, biar nyambungnya gampang.
Tapi kalo saya sih milih nyabut aja, biar nggak ngrusak. Jadinya kalo mau dibalikin bisa rapi.. ;)
Penampakkan setelah dicabut.. :arrow:

Keliatan kan ada kabel yg di luar rumah soket? ;)
Habis itu siapin sakelar, kabel sama isolasi kabel. Bagian ini terserah masing2, mau pake sakelar sama kabel yg kayak gimana. ;) Tapi yg jelas harus pake kabel yg serabutnya banyak, trus juga sakelarnya yg kuat. Soalnya Wattnya gede, misal kalo pas lampu deket (25+5+3,4=33,4 W), trus pas lampu jauh (25+18+5+3,4=51,4 W)
Kalo saya sih pake kabel sama sakelar kaya gini.. :arrow:
Intinya tu sakelarnya dikasih kabel secukupnya, 15 cm an aja cukup.
Habis itu trus dipasang ke kabel yg dicopot dari soket kuning, yg udah dijelasin di gambar sebelumnya. Nggak usah disolder nggak knapa2, cukup dililit aja yg kenceng. Ya tujuannya biar klo mau dikembaliin lebih gampang.. ;) Habis itu trus diisolasi…
Kalo saya pake isolasi bakar.. ;)
Penampakan
Habis itu siapin plat buat dudukan, ato kalo tega ya nglubangin body juga boleh.. :D Terserah masing2.. ;)Platnya dilubangin sesuai ukuran sakelar sama baut yg mau buat dudukan
Kalo saya ya pake plat, penampakannya gini
Trus saya pasang numpang di baut pengikat batang setang sebelah kanan, posisi dibawah segitiga atas.

*posisi sakelarnya keliatan kan?
Nah, udah selesai deh.. ;)
FU AHO akhirnya bisa merem… :D :P
Gampang kan? ;)
Modalnya juga sedikit, paling banyak 15 ribu. :mrgreen:
Habis itu, tinggal masang2in semuanya aja kebalikan dari nyopotnya.. 
sumber :http://autofourst-cyber.blogspot.co.id/2014/01/cara-mematikan-fitur-aho-suzuki-satria.html

No comments:

Post a Comment