9/26/2015

Rantai Suzuki Satria FU Kendu Kencang

IMG_20141116_162648
ADVERTISEMENT
Bro dan sis….berawal dari keponakan kang Majid yang baru saja meminang kuda wesi DOHC dari Suzuki, emang muka kegirangan telah di tuangkan olehnya saat mendapatkan Suzuki Satria FU warna putih tersebut. Dengan memakai sistem pembelian secara kredit, terlihat jelas keponakan kang Majid tersebut sangat berhati hati dalam menggunakan motor kesayangannya itu, sampai sampai biar motor kesayangannya ngak lecet nih…do’I telah membalut body motor dengan skotlet.
Pemakaian sehari hari cuma di pakai pergi sekolah, ya..paling PP dari sekolah ke rumah sekitar 6  kiloan, dalam bulan pertama dan saat service pertama di bengkel resmi kondisi motor ok ok saja, namun ketika spido meter sudah menunjukkan angka 3000 km dan waktunya service gratis akhir, ada yang kurang beres pada bagian drive systemnya, seperti yang kang Majid rasakan sendiri saat memakai motor tersebut, saat motor di buat melaju dalam kecepatan 20 – 30 km/jam suara kretak keretek dan ceplak ceplak terdengar di bagian bawah, suara cenderung terdengar keras saat melepas kopling tangan pada saat melakukan oper atau mengurangi gigi percepatan, hal ini tentu saja sangat mengganggu.
IMG_20141116_162653
Melihat fenomena di atas, kang Majid sebenarnya sudah bisa memvonis apa penyebab timbulnya suara tersebut, melihat suara terjadi saat kopling di lepas, suara terjadi saat kecepatan rendah, suara hilang saat kecepatan tinggih, ya..apa lagi kalau bukan kondisi rantai motor yang kendor. Setelah cek…emang hasilnya positif, dimana emang rantai Suzuki satria FU tersebut kendor, jadi wajar kalau terdengar suara berisik tersebut.
Karena hanya rantai kendor, maka ponakan kang Majid memutuskan untuk di bawah ke bengkel umum saja, dan…setelah di setel sama teknisi yang ada, masalah tersebut tidak bisa di hilangkan, bunyi kertak kertuk tetap terdengar, walhasil kang Majid pun punya satu pertanyaan “lah sudah di setel kok masih bunyi..?” terpaksa deh kang Majid yang turun tangan untuk melihat kondisi motor, dan emang benar setelan rantai sudah mentok paling kencang, harusnya tidak bunyi lagi, hem..sambil mengamati rantainya, kang Majid mencoba memutar roda sambil memegang rantai, dan hasilnya…
Benar saja bro, meski di setel sampai baut penyetel habis, tetap saja masih bunyi, lah wong rantainya kendu kencang bro…meski di setel mentok di sisi yang lain masih kendu, wah wah…satu kata yang ada di benak kang Majid, Masak Suzuki Satria FU rantainya kendu kencang padahal kilometer masih 3000-an, motor masih 3 bulanan.
Karena rantai yang kendu kencang, otomatis obat yang mujarab untuk memangkasnya adalah di Lem Biru, yag… Lempar Ganti yang baru…. Wes rek..harga mati :D lah apakah ngak di claim saja ke Suzuki bro…? Setau kang Majid rantai masuk dalam consumable parts, jadinya pasti ngak ada garansi…keponakan kang Majid juga ngak mau cuma gara gara rantai saja motor kesayangannya terlantar karena nunggu rantai pengganti.
Ya mudah mudahan dengan artikel pengalaman Rantai Suzuki Satria FU yang kendu kencang ini bisa di baca Suzuki Indonesia (SIS) dan mohon kiranya demi kepuasan pelanggan, mohon adanya perbaikan pada produksi selanjutnya saja, terutama di bagian rantai sang kuda wesi DOHC tersebut – cicakkreatip.com
sumber :  http://cicakkreatip.com/2014/11/17/rantai-suzuki-satria-fu-kendu-kencang-padahal-jarak-tempuh-masih-3000-km-pernah-mengalami/

No comments:

Post a Comment