modisikasi knalpot satria fu 150
gantung gas werrrr wuuurrrrr woorrrrrrr kendurkan gas dan lalu ……. Duarrrrrrrrrrrr….. kaget + tengsin alias malu lagi asyik geber gas ehhh pas ngendurin mulai melewati keramaian malah knalpot nembak layaknya meriam bambu :mrgreen: selain bikin kaget sendiri juga kasian pengendara dibelakangnya bisa jantungan hihihi …… gejala ini lazim dialami oleh satria Fu yang sudah berumur ….. atau bebek / matik yang mengadopsi secondary air vacum valve system bisa mengalami juga hal seperti ini
gantung gas werrrr wuuurrrrr woorrrrrrr kendurkan gas dan lalu ……. Duarrrrrrrrrrrr….. kaget + tengsin alias malu lagi asyik geber gas ehhh pas ngendurin mulai melewati keramaian malah knalpot nembak layaknya meriam bambu :mrgreen: selain bikin kaget sendiri juga kasian pengendara dibelakangnya bisa jantungan hihihi …… gejala ini lazim dialami oleh satria Fu yang sudah berumur ….. atau bebek / matik yang mengadopsi secondary air vacum valve system bisa mengalami juga hal seperti ini
memang gejala bersin & nembak banyak disumbang oleh adanya udara liar yang mengganggu / ngerecokin kinerja exhaust flow pada saluran exhaust port mesin 4 tak , vonis terbesar yang mengarah ke unit Pair –Pulsed air injection system– (kalau istilah pada suzuki Fu)
Sistem ini mentransfer udara segar dari kotak udara menuju lubang pembuangan untuk membakar gas pembuangan yang tidak terbakar di ruang bakar. Dengan demikian emisi gas beracun berupa Nitrogen Oksida (NOX) dan Hidrogen Karbon (HC) dapat dikurangi. Aliran udara yang mengalir pada sistem PAIR diatur oleh Vacuum Reed Valve yang terletak di atas kepala silinder.
nah oleh karenanya kalau unit reed valve
sudah rusak biasanya udara liar bisa masuk ke lubang exhaust port
melalui saluran Pair , atau bisa juga hal sepele yang bisa dengan mudah
disembuhkan , yakni menumpuknya deposit carbon pada reed valve …..
nahh untuk mengeceknya bisa kita coba praktekkan dengan mudah kok , sebelumnya lepas dahulu center bone cowl / cover yang menutup diatas pipa rangka diatas mesin berikut side cowl -bottom cowl body untuk memudahkan membuka unit Pair , buka 2 buah nut/ mur pengikat dengan kunci ring no 10
lakukan proses , cleaning , setelah
mesin beroperasi lama / berumur , yakin pasti banyak deposit karbon di
area Pair dan reed valve , nah dari kotoran tersebut saja bisa
menghambat kinerja reed valve yang jika tidak menutup rapat bisa
menyebabkan gas liar masuk , jadi alangkah baiknya lakukan pembersihan
dahulu , jangan terburu buru menutup saluran Pair dengan mengganti
dengan plat atau memberi lem pada reed valve !!!!
bandingkan dengan reed valve + stopper plate yang bersih –>>
nahh jika ternyata setelah dibersihkan
masih ada gejala menembak , besar kemungkinan kondisi reed valve
& stopper plate sudah tidak bagus , tidak bisa melakukan kinerja
yang optimal , solusinya ya ganti unit reed valve (part no 1)
paling sekitar 35-50 ribu rupiah saja , namun jika komplit 1 unit Pair
ya lumayan sekitar 120 ribuan
yaaahh ganti part itu kalau didaerah
mas bro sparepartnya ready , kalau apes barangnya langka dan stock
kosong ? cara yang mudah & tidak merusak ya tinggal lipat
saja selang / hose vakum – air pulse no 3 & selang no 6 , lipat
& ikat lipatan dengan cable ties , praktis tidak akan ada vakum yang
bekerja membuka pair system , & tidak akan ada hembusan air
injection ………. besar kemungkinan penyakit batuk, bersin -nembak
nembak akan sembuh
sumber : http://warungdohc.com/2014/07/06/knalpot-satria-fu-meletus-dar-der-dorrr-ini-dia-penyebabnya/
No comments:
Post a Comment