Mendingan langsung saja kita servis shocknya, berikut langkah-langkahnya
- Buka dulu as roda dan copot bannya dari shcok, jangan lupa ganjal dahulu motor agak tidakjatuh kedepan
- Di lanjut membuka spakbor depan dan kaliper rem/pala babi
- Setelah itu akan terlihat baut pemegang shock yang ke segitiga bawah
- Lepaskan kedua bautnya menggunakan kunci shock 14
- Setelah shock dicopot dari segitiga buka baut L yang dibawah shock
- Lalu buka baut penahan atas ada yang menggunakan kunci L atau cuma klip saja, untuk yang menggunakan klip silahkan ditekan tutup penahan per shocknya lalu akan terlihat klip penahannya silahkan dilepas klipnya dengan cara dicongkel menggunakan obeng min yang kecil
- Setelah itu keluarkan pernya dan pisahkan as shock dari tabungnya
- Lepaskan sil penahan debu yang ada ditabung shock caranya tinggal congkel saja
- Setelah itu akan terlihat sealnya dan klip penahannya, silahakan lepas klipnya dengan cara di cungkil menggunakan obeng min
- Untuk melepas sealnya silahkan congkel saja menggunakan obeng min, lakukan secara perlahan dan pindah-pindah posisinya supaya seal bisa keluar sempuran tanpa merusak tabung shock yang diakibatkan terkena obeng min
- Setelah sea lama dicopot silahkan pasang seal yang baru lalu ketok pelan-pelan agar masuknya rata dan seal tidak cacat, gunakan seal yang lama untuk alas seal baru jadi yang kita pukul seal lama agar mendorong seal baru masuk ketabung shock dengan sempurna, pasang klipnya dan seal penahan debunya
- Rakit kembali as shock kedalam tabungnya lalu pasang baut L yang dibawah tabung agar mengikat as dengan tabungnya
- Setelah semua terpasng dengan sempurna tinggal memasukkan oli shocknya, untuk ukurannya masing-masing tabung kurang lebih sekitar 60cc, sebelum baut penutupnya dipasang kocok-kocok terlebih dahulu asnya supaya minyak shock bisa merata dan tidak ada angin palsu yang bisa mengakibatkan shock menjadi tidak sempurna
- Setelah itu tinggal rakit kembali semuanya, caranya ya kebalikkan dari proses melepasnya tadi
cara dan ukuran untuk benerin shock hidrolik
Jupiter : 55 cc
MX-135 LC : 55 cc
Supra-X : 55 cc
Karisma : 55 cc
Kaze : 50 cc
ZX-130 : 50 cc
Shogun 125 : 55 cc-60 cc
Satria-R : 55 cc-60 cc
Shogun 110 : 55 cc
Shogun 125 Sp : 55 cc
Tapi dari data ukuran diatas bisa diseting lagi dengan toleransi plus minus 10 cc. Artinya, kalau dominan berkendaranya selalu berboncengan, tambahkan 10 cc. Sebaliknya, kalau sering berkendara single, sebaiknya dikurangi 10 cc.
VOLUME OLI SHOCK ABSORBER (FRONT FORK) SUZUKI & HONDA
Pada artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang Shock Absorber Front Fork atau shock breaker depan sepeda motor.
Kita semua tahu fungsi shock absorber adalah untuk meredam getaran atau kejut dari roda bila melawati jalan yang tidak rata atau melewati lubang. Juga untuk membuat kendaraan lebih stabil saat melibas tikungan, melakukan rem. Didalam shock absorber terdapat banyak part atau komponen diantaranya : Oil Seal, Dust Seal, Valve, Collar, Rebound Seat, Seat Pipe, Valve Spring, Fork Pipe, Bottom Case, Fork Bolt/Upper Spring Seat, Main Spring, Seat Pipe, Rebound Spring, Piston Ring, Socket Bolt, Washer / Packing, Oli Dll. Sebelumnya mohon maaf karena belum bisa menampilkan semua gambar dari part-part tersebut.
Dalam berjalannya waktu penggunaan sering kali shock pada motor kita mulai tidak enak lagi, banyak kasus, misal : Oil seal bocor karena pada bagian Oil seal kemasukan debu / kerikil kecil yang membuat terjadinya celah sehingga oli bisa merembes keluar atau . Agar shock enak lagi kita perlu menambah Olinya. Saat ini pabrikan telah menyediakan Oli isi ulang yang bisa kita dapat di bengkel resmi maupun bengkel-bengkel non resmi.
Jenis Olinya SS8, berwarna merah mirip sirup .
Tentunya pada pengisian ulang Oli Shock kita tidak bisa sembarangan, karena ukuran / Volume tiap typenya berbeda-beda. Tabel ukuran / Volume tersebut sudah ada pada botol Oli.
Berapa Ukuran Volume Olinya? Berikut saya tampilkan Table Volume Oli (Sementara baru untuk Honda dan Suzuki, belum dapat untuk tabel Volume Oli Shock Yamaha) Monggo :
HONDA
GRAND / IMPRESA |
52
|
ml
|
SUPRA X / FIT |
64
|
ml
|
SUPRA X 125 / FIT S / X |
72
|
ml
|
REVO |
72
|
ml
|
KARISMA |
68
|
ml
|
KIRANA |
70
|
ml
|
VARIO |
75
|
ml
|
GL 100 / 125 |
80
|
ml
|
WIN |
81
|
ml
|
GL PRO / MAX |
157
|
ml
|
MEGA PRO |
159
|
ml
|
NEW MEGA PRO |
163
|
ml
|
TIGER |
126
|
ml
|
NEW TIGER |
135
|
ml
|
CS 1 |
54.5
|
ml
|
BEAT |
76
|
ml
|
BLADE |
65.5
|
ml
|
NEW REVO ABSOLUTE |
65.5
|
ml
|
SPIN |
55
|
ml
|
SKYWAVE |
53
|
ml
|
SKYDRIVE |
53
|
ml
|
SMASH |
70
|
ml
|
SHOGUN 125 |
60
|
ml
|
NEW SMASH |
69
|
ml
|
NEW SOGUN |
51
|
ml
|
SATRIA 150 |
103.5
|
ml
|
THUNDER 125 |
150
|
ml
|
untuk shock bagian depan : buka tutup atas shock, tuangkan oli kesitu sesuai volume yang diinginkan
shock bebek & matic rata2 olinya sekitar 50-70ml, jangan diisi terlalu banyak, sbg contoh jika oli shock depan motor anda 55ml, maka isikan maksimal sekitar 70ml saja, jika terlalu banyak shocknya jadi terlalu keras
motor sport olinya sekitar 120-150ml
untuk shock bagian belakang : shock musti dibongkar jika olinya ingin diganti
sedikit saran, jika oli shock yang dipakai sekarang kondisinya sudah keruh atau kotor, sebaiknya dikuras dan diganti baru semuanya saja, jangan cuma ditambahkan, toh oli shock murah koq. olinya pakai oli khusus buat shockbreker, ada koq yg jual, kemasannya juga sesuai kebutuhan, ada yg 2 botol @ 50-70ml buat bebek & matic dan ada yang 2 botol @ 120-150ml untuk sport, harganya sekitar 20ribuan dengan berbagai merk
ini pengalaman pribadi yang terjadi pada motor saya.. setelah tiga tahun pemakaian dengan tidak pernah mengganti oli shock depan, akhirnya bocor juga tuh shock tanda-tanda fisiknya sering ada oli mrembes keluar dari dalam shock. Tanda-tanda yang dirasakan waktu motor sedang jalan, handling motor terasa oleng terus.. kalau yang bocor shock depan bagian kiri, motor bawaanya oleng kekiri terus… kalo yang bocor bagian kanan, motor bawaanya oleng kekanan terus
Bila shock anda mengalami seperti ini, tidak bisa tidak.. harus diganti..kecuali sepeda motor anda tidak dipakai . yups.. kalau dipaksa jalan dengan kondisi shock bocor, keseimbangan motor jadi berkurang dan Motor dengan mudah akan ndlosooorr…
cara memperbaikinya dengan mengganti seal yang baru dan mengganti oli shock. sebenarnya lebih bagus seal diganti dua-duanya yang kiri dan yang kanan. namun berhubung parts ini biasanya harus indent, terpaksa yang diganti hanya satu saja khusus yang bocor. namun oli shock diganti semuanya (satu shock diisi 2 kemasan oli shock untuk motor vixion) Oh..iya untuk seal shock depan vixion bisa juga menggunakan parts scorpio:D Waktu yang diperlukan untuk memperbaiki shock ini kurang lebih satu jam setengah.
sumber : http://warungcakra.blogspot.co.id/2014/12/cara-ganti-seal-shock-depan-setelah.html
No comments:
Post a Comment