Kita
mengetahui bahwa sumber arus listrik pd motor didapatkan dari spuel pengisian arus
bolak-balik (AC= Alternating Current). Karena laju putaran mesin selalu
berubah tidak stabil maka arus yg dihasilkan
juga berubah-ubah. Saat gas digeber pol ,bisa menghasilkan arus sd 18-20
Volt. Mk perlu alat penstabil tegangan menjadi sekitar 12 Volt dan bertipe arus
searah (DC = Direct Current). Perangkat penstabil dan penyearah tegangan arus
listrik inilah yg biasa dikenal sbg Kiprok.
Dengan
seringnya pemakaian , tentu terjadi penurunan fungsi kiprok
, yg menyebabkan aliran suplai pengisian aki juga turun, shg lampu motor meredup
walau putaran mesin tinggi. Kiprok juga makin cepat soak bila gas digeber penuh
shg terjadi tegangan tinggi pd aki ( 19 volt atau lebih) atau tegangan yg
berubah-ubah cepat (digleyer).
Untuk memastikan kondisi kiprok masih normal
atau tidak, kita bisa mengukurnya dg avometer. Adapun yang diukur dengan alat ini adalah
tahanan pada komponen di dalam kiprok. Idealnya tahanan kiprok berkisar antara
0,24 sampai 0,36 ohm atau bisa sampai 0,40 ohm. Tapi, kalau di bawah angka
tersebut artinya kiprok sudah soak.
Cara lain untuk mengetahui
kerusakan pada kiprok , dengan perangkat
pengukur Multi tester ke aki motor saat
mesin motor hidup, kemudian anda gas motor, bila tegangannya terbaca di
multitester lebih dari 15 volt sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya
ngeloss ke aki akibatnya aki cepat soak
, cdi, kelistrikan bisa rusak, yang normal saat diukur adalah tegangannya 13.6
volt saat motor nyala di RPM tertinggipun .
Dengan diperkenalkannya teknologi motor tanpa
aki . Maka perangkat kiprok juga
disesuaikan dengan perangkat tambahan
sebagai penyetabil tegangan. Sehingga walau tak
dilengkapi aki namun tegangan listrik motor tetap stabil.
gbr 1. Kiprok konvensional ,
(gbr. 2). kiprok pengembangan
Nah sekarang ada beberapa tips untuk mengatasi lampu depan motor yang meredup.
Nah sekarang ada beberapa tips untuk mengatasi lampu depan motor yang meredup.
1.
Menggunakan 2 kiprok dalam satu motor.
tabloid Otomotif (edisi 17/XVIII) telah melakukan
tes dimana performance dua kiprok yang dipasang secara seri, menghasilkan
performance yang lebih baik.
Cara pemasangannya juga mudah , dengan menghubungkan secara seri kedua kiprok
tadi pakai kabel. Jangan lupa membuat dudukan kiprok yag baru. Bisa membuat
lubang pada kerangka motor atau menambah besi plat untuk di buat dudukan.
2.
Memasang
komponen tambahan : resistor,
Coba anda
siapkan potensio/ resistor variable
untuk adjustment sesuai dengan cahaya lampu yang diinginkan, atau bisa menggunakan resistor
330,470,500,620,680,820,1K untuk motor .Hindari penggunaan resistor diatas 1K, lampu bisa menyala terlalu
terang dan putus. Jangan sampai melebihi toleransi dari lampu tersebut, max
16-18 volt untuk OSRAM dan Wurth bisa lebih mencapai 30Volt, serta gunakan
reflector asli agar lebih awet dan tidak meleleh.
Adapun
cara pemasangannya adalah sbb ;
a.
Potong kabel berwarna kuning merah/belang yang masuk ke
Kiprok,
b. Lalu pasangkan dan
pasangkan resistor 820 ohm 1 watt, jangan lupa diisolasi
c. agar
resistor gampang dibongkar pasang atau diganti bila sudah rusak, anda bisa
menggunakan tutup Fuse seperti gambar berikut, dengan menyambung kabel tambahan
Lalu,
bagaimana logikanya ?
Kita mengetahui
bahwa Limit tegangan supply lampu diatur oleh kiprok. Jika kita memanipulasi
menggunakan resistor, maka tegangan supply ke lampu bisa lebih besar dari
standarnya. Hasilnya lampu akan menyala lebih terang pada RPM yang sama, jika
dibandingkan dengan tanpa manipulasi. Rasionalnya bagaimana ?
karena kiprox
menerima input yang lebih rendah dari yang seharusnya. Karena menerima tegangan
yg lebih rendah, sehingga Kiprox melakukan regulasi tegangan, hasilnya tegangan
ke lampu lebih besar.
Dipasaran banyak dijumpai Booster Lampu, bahkan Kiprok Khusus untuk
membuat lampu 2 kali lebih terang dengan harga ratusan ribu, secara prinsip
tidak berbeda..karena sama-sama menaikan arus dan tegangan sesuai batasan yang
dijinkan, dengan cara ini anda bisa membuat lampu 2,3,4 kali lebih
terang, konsekuensinya Lampu akan lebih mudah putus.
3.
Periksa gulungan spul
Kemungkinan yang terakhir jika lampu motor
anda redup ada pada bagian spul magnet. Karena bagian ini bertugas menjadi
penghasil aliran listrik yang berfungsi sebagai pengisi aki dan penyalur
kelistrikan ke part-part lain termasuk lampu pada motor anda. Maka jangan heran
jika ada masalah pada bagian ini alat-alat kelistrikan pada motor anda tidak
bisa bekerja dengan normal.
Cara penanganannya adalah mengganti spul
magnet dengan yang baru, atau jika anda ingin lebih irit anda bisa pergi
kebengkel dinamo kepercayaan anda untuk memintanya menggulung kembali spul
magnet anda dengan gulungan baru, dan tentunya hal ini sedikit lebih murah
dibandingkan anda membeli part baru.
Jadi selain
perangkat kiprok, gulungan sepul bisa juga jadi penyebab lampu redup. Gulungan
sepul yang sudah lama dipakai biasanya bikin lapisan pelindung kawat
email bagian luar mengeras dan retak. Atau bisa juga kualitas kawat
gulungan sudah tidak seprima ketika baru. Makanya ketika sepul panas, terjadi
konslet di sekitar kawat yang luka dan menyebabkan tegangan menurun.
4.
Kualitas bohlam lampu
motor
Namun
sebelum mengklaim kiprok dan gulungan sepul rusak, ada baiknya pastikan
kualitas merkbohlam ya dipakai. Sebab penggunaan bohlam imitasi juga dapat
mengakibatkan nyala nggak optimal.
5.
Kualitas rumah
lampu motor
Dan
yang tidak kalah penting, disarankan agar selalu menjaga kebeningan dan
kebersihan kaca batok lampu dan reflektor. Sebab kalau dibiarkan kotor, cahaya
yang dipantulkan pun akan ikut meredup.
6.
Mengubah
spesifikasi lampu motor
Caranya adalah menurunkan spesifikasi
bohlam pada lampu. Untuk motor sistem kelistrikan lampu arus AC (bolak-balik),
menurunkan ukuran watt bohlam yang bentuknya sama dengan asli bisa bikin cahaya
tambah terang. Sebaliknya kelistrikan arus DC atau searah, Watt bohlam
pakai lebih rendah, maka turun pula pencahayaanya. Yang dimaksud
kelistrikan AC seperti di motor bebek atau matic keluaran baru dimana lampu
utama baru menyala harus didahului mesin hidup. Sedangkan sistem DC banyak
diaplikasi motor lawas yang masih menggunakan aki basah.
Semoga
bermanfaat
sumber : http://harapansatria.blogspot.co.id/2013/04/tips-atasi-lampu-motor-yg-redup-2-dr-2.html
No comments:
Post a Comment