Kelebihan dan Kekurangan Suzuki New Satria F-150
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki New Satria F-150-
==== Cek Video Youtube nya Disini Bro ===
KELEBIHAN1. Teknologi Mesin
2. Desain yang ramping dan nungging
yah, bukan rahasia umum lah.. :mrgreen:
mungkin inilah yang memikat para penggunanya. tapi who knows?
3. Panel indikator dengan takometer digital dan spido+meter bensin+odo digital dan fitur mengendarai
–ECO: shiftlight berkedip pada rpm 4500-5500, kemudian shiftlight akan menyala konstan pada rpm di atas 5500. Menurut saya, untuk motor yg masih dalam masa inreyen-Suzuki ada 2 kriteria sampai 500km dan 1600km, saya pilih yg kedua biar lebih bagus- diwajibkan memasang mode pada ECO, karena untuk menjaga mesin tidak terlalu teriak. Atau bisa juga dari pabrikan otaomatis pada mode ECO dan begitu mencapai 1600 baru bisa dipilih secara otomatis. Sayangnya para alay mengabaikan ini, karena sepertinya menginginkan di “wah” dengan cara menggeber-geber dan menyeruntulkan diri dalam masa inreyen.. alasannya “kan masih garansi, kalo rusak tinggal klaim”. hadeh.. -_-”
–PWR: shiftlight akan menyala konstan pada rpm di ata 8500. hal ini akan membuat respon meisn antar oper gigi lebih responsip. tapi sekali lagi ini TIDAK berpengaruh kepada pengapian, hanya MEMANDU.
– mode mati/normal: pada mode ini shiftlight tidak akan menyala. Pengendara bisa mengoper gigi sesuai kemauan. tapi menurut saya sebaiknya tetap menyala pada saat rpm menyentuh redline agar mesin tidak overrev. CMIIW
Untuk fitur SDMS ini, menurut saya sangatlah membantu sekali dalam memandu berkendara. namun menurut saya, akan lebih bagus lagi jika diberi tambahan buzzer sperti sensor parkir mobil yg berbunyi tiittt… tiittt…, yang terhubung paralel dengan shiftlight. sehingga saat shiftlight menyala akan dibarengi dengan bunyi bip. Hal ini karena pengendara tidak mungkin hanya terfokus memperhatikan panel indikator, tapi lebih banyak pada kondisi jalan. Sehingga perlu adanya peringatan berupa bunyi juga.. hal ini juga dapat mempengaruhi jumlah alay, karena ketika mereka meggeber-geber maka akan dibarengi dengan bunyi tiittt… tiittt… yang menurut saya lumayan menarik perhatian meskipun tidak terlalu keras tapi dengan frekuensi bunyi yang melengking.
Sedangkan untuk panel digital sudah baik, hanya saja warna LED background LCD yang oranye sedikit mengurangi nuansa mewah. Akan terasa lebih mantap jika berwarna putih atau biru muda. Tentang keakuratan spidometer, saya kurang mengetahuinya karena tidak mempunyai alat pembanding seperti GPS. Sedangkan untuk indikator BBM saya belum mengetahui perkiraan mengenai perkiraan jumlah yg diwakili per bar indikator.
Panel indikator motor ini memiliki hanya memiliki petunjuk N (netral/ nol) dan TOP saja. sehingga sedikit menyulitkan dalam memantau posisi gigi transmisi. Akan lebih baik jika ditambah dengan petunjuk gigi, semisal dengan tampilan digital.
Selain itu juga dilengkapi dengan indikator sein dan lampu jauh.
4. Motif striping/stiker body serta warna body
FYI: New FU udah ada 4 versi:
ket: urutan taun mulai dari 2009 sampe 2012 sesuai arah jarum jam
5. Lubang/jendela pemantau kondisi oli
6. Setang jepit
Nah, klo dari tadi udah bahas KELEBIHANNYA,
sekarang KEKURANGAN SATRIA F 150
1. desain tekukan & panjang pangkon/dudukan plat nomer depan
Nah, klo menurut saya desain yg ideal sperti yg saya garis merah. semoga di FU edisi mendatan atau motor baru lainnya lebih diperhatikan. ;)
2. Nggak ada bagasi bawah jok
semoga di edisi mendatang paling nggak ada tempat kaya shogun kebo yg bisa buat naro paling nggak jas ujan. ;)
semoga saja… :)
3. Suara knalpot
Penyelesaiannya sih gampang sebenernya, ganti silencer FU lama seharga 230 ribu yg versi lokal klo mau murah. klo yg CBU Thai klo nggak salah 360. klo buat saya sih yg CKD aja cukup. :mrgreen: nabung nabung… :)
4. Model dan ukuran spion
klo alayers sih pasti udah lenyap tu spion kanan kirinya. :mrgreen:
alasannya antara lain: “jelek” *bagus gitu kok.. klo nggak bagus nggak mungkin sampe ada yg bikin variasinya, “gagangnya kepanjangan” *hadeh, kurang panjang itu klo buat saya.. :( , “kayak orang berdoa” *ya bagus toh, jadinya bisa ngingetin para alayers buat menghadap sang Kuasa dan nggak pecicilan terus kerjaannya. :mrgreen: , “sering kena body/ spion mobil” *makane ojo pecicilan, serunthulan nlesep2 di antara mobil!, “ilang” *hadeh.. ilang apa dicopot??, “copot sendiri karena motornya kenceng banget” *keliatan banget alaynya, tukang ngebut serunthulan.
dasar alay.. :evil:
5. Panjang penutup rantai
Kebetulan, cari yg jarak antara pangkon baut depan dan belakang nggak ada persamaannya.. :(
Punya FU 20 cm. coba2 ukur punya Shogun SP 30cm. trus kan naksir punya new mx krna ada hugher alias spatbor kolongnya juga nggak bisa, punya New MX juga 30cm. punya Vixion juga 3ocm. :(
Mohon bantuannya klo ada yg tau persamaannya sama motor apa :?: ;)
Selain kurang panjang juga kadang ada bunyi gesekan, yg sepertinya gesekan antara rantai sama pinggiran tutupnya.. :( mungkin hal ini yg bikin alayers sering nyopot tutup rantai FU. :mrgreen:
6. Penataan warna yg kurang berani/nanggung
Nah yang saya permasalahkan adalah warna spatbor depan dan warna cover mesin yg hitam. :( sampai-sampai saya ganti warna spatbor depan jadi putih, biar lebih cakep dikit. :) coba kalau di stnk “putih” bukan “putih hitam”, cover mesinnya saya ganti juga pake warna putih. :(
Nah, karena terhalang keterangan di STNK maka panggilan pun Si Belang, karena ada yg warna hitam. :(
7. Model setelan rantai
Hal ini karena model setelannya masih model konvensional. :(
Harapan saya sih kaya punya New MX sama Vixion yg bentuknya kaya keong ada geriginya gitu.. :mrgreen:
karena menurut saya, sepertinya model setelan rantai kayak gitu itu lebih mudah+praktis&cepet. :D
*manusia nggak pernah puas
8. Lampu yg minim kesan hi tech
desain nggak usah diragukan, KEREN! :)
lampu depannya ada aura mogenya meskipun cuma sekilas mirip. :mrgreen:
nah, yang aneh tu waktu awal-awal peluncuran banyak yg bilang aneh. :( anehnya di mananya ya? :?: *no offense
Nah, yg menurut saya kurang mantep itu kok ya masih BOHLAM semua. Mbok ya’o dikasih LED gitu.. misalnya kasih angel eye kek, apa DRL LED di headlamp kek, klo nggak lampu remnya pake LED kek.
*kata produsen: minta macem2, modip dewek sana! :mrgreen:
9. Kopling mekanis
*bintang ini sama kaya no 9. :mrgreen:
10. Tanpa SKS (Secure Key Shutter)
Soalnya, meski motor ini masih bejenis bebek, tapi udah menyentuh batas psikologis harga. :(
Trus juga bukan rahasia lagi kalo motor ini incaran para tangan gatel tukang sulap yg pinter ngumpetin barang. *hayah, bilang aja “thief”
kalo ini pabrikan harusnya tanggap? :evil: misalnya tuker tambah kontak asli sama yg versi baru yg ada SKSnya gitu. ;)
klo nggak ya nyediain alarm versi SGP yg PnP tanpa harus ribet potong kabel. *)
*bintangnya sama kaya yg sebelumnya
ya paling nggak ada SKS lah! ;) Kalo bisa ada fitur panggil lewat SMS, jadi motornya bisa dateng sendiri. :mrgreen:
11. Bagian tertentu yg terbuka
Bagian terbuka kayak yg di belakang batok lampu depan-kayak di gambar, yg ada garis2 itu lho-, padahal di situ banyak kabel2 yg sangat memungkinkan orang yg sentimen maupun iri bisa mengutak-atik kabel*memotong satu kabel saja bisa membuat galau. :evil:
Jadi mbok yao dikasih penutup gitu lho.. ;)
bisa kayak dari fiber kek, apa klo biar ca’em akrilik yg ada LEDnya tapi yg versi SGP *). :mrgreen:
intinya buat nutupin biar lebih terkesan rapi sama aman gitu. ;)
yg lain misale kaya di sekitar mesin.
12. Kembalikan SAKELAR LAMPU!
Nah, buat yg terakhir ini memang sengaja saya kasih BIG PIC ATTACK, soalnya saya bener2 gemez sama fitur yg -konon- menyesuaikan regulasi dari “PEMERINTAH”! :evil:
Jujur saja, saya termasuk seorang yang menolak adanya fitur AHO! :evil:
Mbok ya’o klo mau patuh peraturan jangan pake langkah merugikan konsumen! :evil:
kan bisa to dikasih DRL LED, apa piye gitu?! :evil:
kan PEROT, eh REPOT nek SAKELARe di ilangi kaya gitu. :evil:
mosok LAMPU kok NGGAK ISA MEREM, MENDELIK terus?? :evil: wagu ah.. :P
Ya SEHARUSNYA pabrikan bisa ngerti yg nolak program ini. misale pemanggilan semua konsumen ke dealer di kota masing2, trus ditanya’i sapa yg mau pake AHO, sapa yg nggak mau. trus yg nggak mau, holder setang yg “CACAT PRODUKSI” NGGAK ADA SAKELAR LAMPUne diganti yg normal. trus klo yg mau dibiarke wae! :evil:
Ngomong2, AHO tu salah satu kosa kata bahasa Jepang nek yg diterjemahke ke bahasa Indonesia tu artinya BODOH lho.. ya klop berarti! lha mosok siang2, panas2, ngidupke lampu :?: belum lagi nek masuk gang, isa di pisuh2i orang yg lagi nongkrong2, malah isa2 dikepruki gara2 kesorot lampu! :evil:
belum lagi nek masuk ke parkiran/kompleks militer/perumahan tertentu yg kudu matiken lampu. hayo, meh piye le mateni lampune? :?: :roll:
mosok tiap lewat jalan kampung apa tempat2 yg udah disebut kudu nuntun? -,-” cekacekaceka…..
Yah, semoga ada perbaikan lah.. :evil:
Saya anti AHO, bukan berarti saya mau melawan pemerintah, tidak peduli safety riding, dll! :evil:
Ya sekian saja yg saya rasakan seputar topik ini.. :D
Semoga yg menjadi kekurangan menurut saya setidaknya ada yg diperhatikan oleh pabrikan, terutama nomer2 terakhir. ;)
Semua yg saya ungkapkan di atas adalah opini pribadi saya. IMHO CMIIW lah pokoknya. :)
Udah ya, jangan panjang2 lagi artikelnya.. Selain bikin males bacanya, juga saya capek ngetik! :mrgreen: :evil:
udah ngetik dari pagi, sore baru selesai. :(
bahannya buanyak, gambarnya buanyak, koneksi kurang mendukung. :evil:
Mohon tanggapan, kritik saran, masukan, keluaran.. *halah.. :D
Salam Jempol digoyang.. :D
Cinta Putih itikiwir uyee…. :mrgreen:
*eh ketinggalan..
gambar koleksi pribadi njepret sendiri pake hp.
yg minta mbah gugel cuma 3 yg di keuntungan no 4, bagian versi striping.
sumber : https://cintaputih92.wordpress.com/2012/06/19/kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-new-satria-f-150/
No comments:
Post a Comment