Bro dan sis sekalian….sopo sih yang nggak penasaran dengan performa asli siayago bike. Gaungnya dijalanan begitu kuat membuat banyak biker mengagungkan Satria FU. Engine DOHC namun banderol dikisaran 19jutaan tak ayal menjadikan kuda besi besutan Suzuki ini laris manis. Nah….saat membahas performa mega sport 200-225cc, jebule pihak Otomotif juga melakukan testing varian anyar Satria FU. Asyiknya metode testing mirip dengan sport yang pernah kita bahas diartikel sebelumnya. Sebuah test yang akan menjawab rasa penasaran kita atas performa asli siSuzi. Check it out….
Sebelumnya nyuwun sewu buat bro Aan DKK (team Otomotif)…..IWB numpang sharing hasil test sampeyan. Sekali-sekali nggak opo-opo yo…..ora bedino koq . Jadi testing ini bukan dilakukan oleh IWB melainkan hasil tes rekan jurnalis Otomotif. Lha piye…arep ngetes dewe nggak ono unit tese je (mau uji sendiri tidak ada unit test-nya red). Oke….lanjut kepokok bahasan.
Dalam sejarahnya…SIS merombak Satria FU
sebanyak 2 kali. Yang pertama desain asli dari Raider 150 Thailand,
kedua batok lampu mekar dengan paruh diujung dan ketiga perombakan ulang
ditahun 2013 dengan shape headlamp lebih kotak (2 revision). Basis
engine sama….gen kedua hanya dijejali fitur eco riding switch untuk
menekan komsumsi bahan bakar. Sedang yang terbaru (versi 2013)…..kendati
identik pihak Suzuki sedikit memberikan sentuhan pada bahan
filter…naiknya main jet dari 110 ke 112,5 plus starter jet dari 25 ke
17,5. Terus gimana setelah ditest??….
Seperti karakter engine overbore pada
umumnya…..menurut tim Otomotif, power new Satria FU tidak galak diRPM
rendah menengah. Gas dibejek dalam hanya mringis tanda minta kailan
putaran mesin lebih tinggi. Benar saja….lengkingan tenaga baru terasa
setelah masuk direntang 6000 RPM….hingga melewati 11,000RPM. Dengan
tenaga 15,84hp ditunjang bobot super ringan yakni 107kg…..dilintasan
trek berjarak 1 km, gas mentok gear enam posisi nunduk……top speed tembus
131km/jam on speedometer. Weleh…kencang juga ya bro. Tapi gimana
setelah diintip dengan alat racelogic??.
Alat pengukur menunjuk 121,6km/jam.
Yup….walau dibekali speedo digital…..penyimpangan kalibrasi termasuk
besar. Hasil tersebut sebenarnya tidak mengagetkan mengingat IWB juga
pernah komparasi akurasi speedometer Satria diartikel lawas. Tidak puas
hanya menggali kecepatan puncak…tim media Otomotif mengeksplorasi
akselerasi tiap kecepatan dan diperoleh hasil sebagai berikut….
0 – 80 km/jam : 7,3 detik
0 – 100 km/jam : 12,8 detik
0 – 100 M : 7,2 detik
0 – 201 M : 11,3 detik
0 – 402 : 18,3 detik
Top speed : 131 km/jam (racelogic 121,6 km/jam)
Pengetesan tidak afdol tanpa diukur
komsumsi bahan bakar Dengan mematikan fitur shift light, seliter
Pertamax bisa menempuh jarak 34,4km. Weleh…lumayan irit ya bro.
Yup…banderol 19jutaan performa 25jutaan. Ora percoyo?. Monggo intip
tabel terlampir….
Duke 200
|
Pulsar 200NS
|
Scorpio
|
Tiger
|
Satria FU
|
|
0-60 km/jam
|
3,6 detik
|
3,7 detik
|
3,7 detik
|
4,5 detik
|
4,3 detik
|
0-80 km/jam
|
5,3 detik
|
6,3 detik
|
6,3 detik
|
7 detik
|
7,3 detik
|
0-100 km/jam
|
8,5 detik
|
10,1 detik
|
9,6 detik
|
12,6 detik
|
12,8 detik
|
0-100 M
|
6,6 detik
|
6,9 detik
|
7 detik
|
7,1 detik
|
7,2 detik
|
0-201 M
|
10,3 detik
|
10,8 detik
|
11 detik
|
11,2 detik
|
11,3 detik
|
0-402 M
|
16,5 detik
|
17,3 detik
|
17,3 detik
|
18,2 detik
|
18,3 detik
|
Top speed
|
136 km/jam
|
133km/jam
|
125km/jam
|
130km/jam
|
131km/jam
|
Racelogic
|
132,8 km/jam
|
129 km/jam
|
116 km/jam
|
119,2 km/jam
|
121,6km/jam
|
Konsumsi BBM
|
30 km/liter
|
30,84 km/liter
|
30km/liter
|
33 km/liter
|
34,4km/liter
|
Kendati jauh menurun dibanding gen
pertama….terlihat performa new Satria masih bisa bersanding dengan
beberapa sport tanah air. Tidak heran motor ini laris manis bak kacang
goreng. Desain masuk disegala lapisan…..engine juga mumpuni.
Sayang….untuk akselerasi hingga 100km/jam…..Satria kalah tipis dibanding
Tiger sekalipun. Hanya top speed dimana siSuzi hanya bertekuk lutut
melawan Duke 200 serta Pulsar 200NS. So…new Satria FU 150??. Piye
bro…performa sudah sesuai ekspetasi belum??…..(iwb)
SUMBER : http://iwanbanaran.com/2013/07/16/test-akurasi-speedo-top-speed-dan-akselerasi-new-satria-f150/
modifikasi satria fu 150
modifikasi satria fu 150
No comments:
Post a Comment