Rantai keteng atau rantai kamprat atau sering di sebut juga sebagai timing chain. Rantai keteng berguna untuk menggerakkan chamshaft di cylinder head seterlah menerima putaran dari crankshaft.
Rantai keteng atau rantai kamprat,
sering mengalami berbagai masalah. Dari masalah rantai yang sudah kendur
hingga masalah rantai kamprat yang mengeluarkan suara berisik.
Sebagai contoh sepeda motor yang sering
mengalami masalah rantai keteng berisik adalah Satria Fu. Kalau rantai
kamprat bersuara berisik, tentu ini akan mengurangi performa kerja
mesin. Untuk mengatasi masalah rantai keteng Suzuki Satria FU yang
bersuara, ada baiknya simak ulasan artikel tips dan cara mengatasi,
mencegah, memperbaiki rantai keteng Suzuki Satria Fu berisik.
Sebelumnya, perlu diketahu bahwa chamshaft (noken as)
berfungsi untuk mengatur beberapa klep di mesin. Klep tersebut terdiri
dari klep untuk gas masuk maupun yang keluar ke ruang bakar mesin.
Sehingga bila rantai keteng rusak maka proses buka tutup klep juga tidak
sempurna, dan pembakaran juga tidak bakal berjalan sempurna.
Variasi Suzuki Satia F150
Variasi Suzuki Satia F150
Rantai keteng atau rantai kamprat Satria FU
yang sudah berumur lima tahun akan mengalami keausan. Selain itu,
beberapa perlakuan yang salah terhadap motor juga dapat memicu
terjadinya kerusakan tersebut.
Beberapa perlakuan salah terhadap mesin
motor antara lain; suhu mesin yang kerap panas melebihi standar, putaran
mesin yang tinggi karena motor sering dipacu untuk balap, dan
keterlambatan penggantian oli. Bila hal itu terjadi maka rantai akan
melar dan kendur, akibatnya menimbulkan suara berisik. Bahkan dalam
kondisi ekstrem putus atau rontok.
Untuk mengetahui bahwa masalah suara
berisik dari mesin motor Satria Fu tersebut benar-benar dari rantai
keteng atau rantai kamprat, caranya cukup mudah. Pertama, panasi mesin
motor pada pagi hari dan dengarkan apakah ada suara-suara berisik
seperti tek, tek, tek… Kedua, apabila suara tersebut dalam waktu 10-15
menit telah hilang berarti proses pelumasan oli yang bermasalah. Artinya
kualitas oli telah jelek, sehingga harus diganti.
Namun, jika ternyata lebih dari 15 menit
suara belum hilang berarti rantai atau tensionernya yang bermasalah.
Kalau rantai keteng atau rantau kamprat sudah kendor, maka bisa di atasi
dengan menyetel ulang tensionernya. Bila penyetelan tensioner sudah
mentok, maka rantai keteng atau rantai kamprat harus ganti baru
sumber : http://apritos.com/1151/cara-mengatasi-rantai-keteng-satria-fu-bunyi/
No comments:
Post a Comment